Belajar Kompak Yuk, dari Semut!

Rabu, 27 Juni 2012

Kadang kalo lagi iseng nih ya, aku suka merhatiin semut-semut yang kebetulan banyak di rumahku (mungkin sobat juga suka ya). Dan terkadang suka timbul pertanyaan yang bikin penasaran aku tentang pasukan semut ini. "Kenapa setiap ketemu temennya, semut pasti berhenti dulu?" Nah pasti sobat juga banyak yang penasaran kan? 

Hemmm... oke deh ya sekarang aku jelasin, Semut merupakan hewan paling kompak. Setiap ada kecoa yang mati, pasti pasukan mereka langsung kerja bakti bin gotong-royong bin kerja sama buat ngebawa mayat kecoa itu ke sarang mereka. Kita juga sering liat kan ya semut-semut 'saling bersalaman' satu sama lain kalo ketemu *sosweet*

Nah terus kenapa semut suka berhenti sejenak kalo ketemu sama semut lainnya? Ini dia penjelasannya. Cekidots!

Sobat, ternyata semut yang keliatan 'saling bersalaman' kalo ketemu itu sebenarnya lagi berkomunikasi. T.C. Schneirla, seorang peneliti di New York University, pernah ngadain percobaan dengan semut. Dia ngambil seekor semut lalu disimpen dalam tempat yang berisi makanan. Semut lain disimpan dalam tempat yang berisi semut-semut musuh. Kemudian kelakuan kedua semut ini diamati terutama saat mereka berpapasan dengan teman-temannya di jalan.



Dari penelitian itu Schneirla menyimpulkan bahwa zat kimia yang dikeluarkan dari makanan ataupun dari musuh semut menempel pada semut itu. Ketika bertemu dengan semut temannya, semut ini akan saling menyapa (bersentuhan). Nah, dengan saling menyapa inilah zat kimia dari semut akan memberi tahu temannya (melalui antena di kepala semut) apakah di lingkungan sekitarnya ada makanan atau ada musuh.
SubhanAllah... Hebats yaa semut! Perlu belajar kompak dari semut nih! 

0 komentar:

Posting Komentar