Remaja Islam Cinta Bahasa Arab

Selasa, 26 Juni 2012

Rame-rame sekarang bahasa asing digandrungi sobat muda. Sebut saja bahasa korea, jepang, Mandarin,dan yang g ketinggalan pastinya bahasa inggris. Udah pada ‘ngeh’ az klu sekarang bahasa-bahasa itu menghiasi percakapan sobat muda . Jika ngerti brbicara dengan bahasa asing itu udah dianggap keren, supeerrr dupeerr keren dech!


Padahala masih ada lho bahasa yang lebih keren dari bahasa asing tersebut. Apa ayooo! coba tebak?..yah udah pada tau dari judul kita sekarang, jawabnya bahasa arab. Jangan pernah melihat sebelah mata pada bahasa ini. Karena emang susah klu liat hanya dengan sebelah mata khan? :D Maksudnya karena bahasa arab adalah bahasanya ahlu jannah. Bahasa yang bahkan memiliki posisi yang terbaik di hadapan Allah swt. Sebagaimana firman-Nya:
Sesungguhnya Kami telah menjadikan Al-Quran dalam bahasa Arab, supaya kalian memahaminya (QS. Az Zukhruf:3)

Salah satu kelebihan bahasa ‘arab adalah kosakatanya yang sangat banyak, satu kata bisa memiliki makna yang lebih (hampir 50). Bahasa Arab (اللغة العربية al-lughah al-‘Arabīyyah, atau secara ringkas عربي ‘Arabī) adalah salah satu bahasa Semitik Tengah, yang termasuk dalam rumpun bahasa Semitik dan berkerabat dengan bahasa Ibrani dan bahasa-bahasa Neo Arami.

Bahasa Arab memiliki lebih banyak penutur daripada bahasa-bahasa lainnya dalam rumpun bahasa Semitik. Ia dituturkan oleh lebih dari 280 juta orang sebagai bahasa pertama, yang mana sebagian besar tinggal di Timur Tengah dan Afrika Utara. Bahasa ini adalah bahasa resmi dari 25 negara, dan merupakan bahasa peribadatan dalam agama Islam karena merupakan bahasa yang dipakai oleh Al-Qur'an.

Bahasa Arab Baku berasal dari Bahasa Arab Klasik, satu-satunya anggota rumpun bahasa Arab Utara Kuna yang saat ini masih digunakan, sebagaimana terlihat dalam inskripsi peninggalan Arab pra-Islam yang berasal dari abad ke-4 Bahasa Arab Klasik juga telah menjadi bahasa kesusasteraan dan bahasa peribadatan Islam sejak lebih kurang abad ke-6. Abjad Arab ditulis dari kanan ke kiri.

Bahasa Arab telah memberi banyak kosakata kepada bahasa lain dari dunia Islam, sama seperti peranan Latin kepada kebanyakan bahasa Eropa. Semasa Abad Pertengahan bahasa Arab juga merupakan alat utama budaya, terutamanya dalam sains, matematik adan filsafah, yang menyebabkan banyak bahasa Eropa turut meminjam banyak kosakata dari bahasa Arab.

Jika sobat muda kenal salah satu Imam termasyhur di dunia Islam bernama Imam syafi’i, beliau sangat cinta akan bahasa arab. Kita liat az mulai dari beliau mencari ilmu. Sejak kecil Syafi’i cepat menghafal syair, pandai bahasa Arab dan sastra sampai-sampai Al Ashma’i berkata,”Saya mentashih syair-syair bani Hudzail dari seorang pemuda dari Quraisy yang disebut Muhammad bin Idris,”

Imam Syafi’i adalah imam bahasa Arab. Ketika kamasyhurannya sampai ke kota Baghdad, Imam Abdurrahman bin Mahdi mengirim surat kepada Imam Syafi’i memintanya untuk menulis sebuah kitab yang berisi khabar-khabar yang maqbul, penjelasan tentang nasikh dan mansukh dari ayat-ayat Alquran dan lain-lain. Maka beliau pun menulis kitabnya yang terkenal, Ar-Risalah.

SubhnaLLah….Amazing.. :D ALLahu akbar!

Bahkan ada pemuda Argentina masuk Islam setelah mendengarkan lagu arab. Dia berasal dari Buenos Aires, Argentina. Sebelum masuk Islam, Mariano menganut agama Katolik Roma. Sejak kecil sudah dibaptis dan tinggal dalam suasana agama Kristen yang taat.

"Di masa remaja, aku sempat kena pengaruh narkotika. Itulah saat-saat dimana aku mulai mencari identitas diri dalam hidup" kata dia mengenang. Kenal dengan Islam awalnya dari lirik lagu berbahasa Arab. Dia makin tertarik dan secara rutin mempelajari bahasa Arab dan juga Alquran. Akhirnya, Mariano mendapat hidayah dan pada Juli 2007 memeluk Islam.

Jadi masih mikir nich untuk belajar bahasa arab? Ntar nyesel lho..karena bahasa keren ini akan menghantarkan kita pada pemahaman Islam yang Kaffah. Seorang mujtahid mutlak bernama Syeikh Taqiyuddin An-Nabhani menyatakan belum sempurna pemahaman Islam seseorang sebelum ia menguasai bahasa arab. Apalagi pedoman hidup kita yaitu Al-qur’an gunain bahasa arab.

Sobat jangan ragu lagi…ayo cepetan dunk cepetan. Remaja Islam kudu cinta ama bahasa arab. Coz bahasa arab juga kan kembali menjadi bahasa Internasional alias bahasa dunia. Setelah Khilafah tegak maka bahasa resminya yah bahasa arab....Yuk remaja cinta dengan bahasa arab ^_^

--Salsa--

--DIVISI REMAJA--

Dan bagi yang ingin mengirimkan 'opininya' untuk rubrik 'Suara Muslimah', silahkan dikirim ke alamat email:
muslimahrindukhilafah@yahoo.co.id atau via 'Pesan' page Komunitas Muslimah Rindu Syariah & Khilafah.

Mari bergabung dan LIKE halaman :

Semoga tercatat sebagai amal baik buat kita bersama. Dan semoga kian banyak yg menginginkan akan diterapkannya kembali Khilafah Islamiyyah yg telah amat sangat kita rindukan.

Jazakumullahu khairan khatsiron :)


0 komentar:

Posting Komentar